Skema berkomunikasi (Sumber; en.wikipedia.com) |
Berikut adalah 10 keterampilan komunikasi utama yang dapat membantu Anda untuk menjadi unggul di pasar kerja saat ini.
1. Mendengarkan
Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang komunikator yang baik. Tidak ada orang yang suka berkomunikasi dengan seseorang yang hanya peduli pada hal-hal remeh temeh dan tidak penting tentang dirinya atau tentang orang lain (gosip), dan tidak meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain. Mendengarkan perkataan orang lain dengan perhatian yang serius dan meminta klarifikasi atas pernyataan atau mengulang apa yang orang katakan untuk memastikan pemahaman ("Jadi, apa yang Anda katakan adalah ...") dapat membuat anda mejadi lebih bijak dan meningkatkan pemahaman anda tentang suatu masalah. Mendengarkan secara aktif dapat membantu Anda lebih memahami apa yang orang lain katakan, sehingga Anda dapat merespons dengan tepat. Orang lain juga akan merasa lebih dihargai.2. Komunikasi Nonverbal
Bahasa tubuh, kontak mata, gerakan tangan, dan nada berpengaruh terhadap pesan yang Anda coba sampaikan. Gaya yang santai, sikap terbuka (tangan terbuka, kaki santai), dan nada ramah akan membuat Anda tampak mudah didekati, dan akan mendorong orang lain untuk berbicara secara terbuka dengan Anda. Kontak mata juga penting; kontak mata langsung dapat menunjukkan bahwa Anda fokus pada orang dihadapan anda dan percakapan yang sedang berlangsung(Namun, pastikan untuk tidak menatap orang, yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman).Perhatikan juga sinyal non-verbal orang lain saat Anda berbicara. Seringkali, sinyal non-verbal menyampaikan apa yang benar-benar sedang dirasakan seseorang. Misalnya, jika orang tersebut tidak melihat langsung ke mata, dia mungkin tidak nyaman atau menyembunyikan suatu kebenaran.
Baca juga:
- 5 Tips Cara Mengendalikan Grogis Saat Bicara di Depan Publik
- 5 Langkah Sukses Presentasi
- 7 Soft Skill Terpenting dalam Dunia Kerja
- Membuat Slide Presentasi yang Efektif
3. Singkat, padat dan jelas
Coba untuk menyampaikan pesan Anda dengan kata-kata sesedikit mungkin. Katakanlah apa yang Anda inginkan dengan jelas dan langsung, baik berbicara dengan seseorang secara pribadi dan langsung, di telepon, atau melalui email. Jika Anda mengoceh, pendengar Anda mungkin akan ragu dan atau menjadi tidak yakin dengan apa yang Anda inginkan. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda katakan sebelum Anda mengatakannya; ini akan membantu Anda menghindari berbicara berlebihan dan/atau membingungkan audiens Anda.4. Keramahan
Melalui nada ramah, pertanyaan pribadi, atau hanya tersenyum, Anda akan mendorong rekan kerja Anda untuk terlibat dalam komunikasi yang terbuka dan jujur dengan Anda. Hal ini penting dalam tatap muka dan komunikasi tertulis. Jika Anda bisa, mempersonalisasikan email Anda untuk rekan kerja dan / atau karyawan - misalnya "Saya harap Anda semua memiliki akhir pekan yang baik" di awal email dapat mempersonalisasikan pesan dan membuat penerima merasa lebih dihargai.5. Keyakinan
Sangat penting untuk percaya diri dalam semua interaksi Anda dengan orang lain. Keyakinan memastikan rekan kerja Anda bahwa Anda percaya dan akan menindaklanjuti apa yang Anda katakan. Menunjukkan rasa percaya diri bisa dilakukan secera sederhana seperti dengan kontak mata atau menggunakan nada tegas tapi ramah (menghindari membuat pernyataan terdengar seperti pertanyaan). Namun berhati-hatilah untuk tidak terdengar arogan atau agresif. Pastikan Anda selalu mendengarkan dan berempati dengan orang lain.6. Empati
Bahkan ketika Anda tidak setuju dengan atasan, rekan kerja, atau karyawan, penting bagi Anda untuk memahami dan menghormati sudut pandang mereka. Menggunakan frase yang sederhana seperti "Saya mengerti dari mana Anda berasal" menunjukkan bahwa Anda telah mendengarkan orang lain dan menghormati pendapat mereka.7. Berpikir secara terbuka
Seorang komunikator yang baik harus masuk setiap percakapan dengan fleksibel, pikiran terbuka. Jadilah terbuka untuk mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain, bukan hanya mengedepankan dan menonjolkan pendapat Anda. Dengan menjadi bersedia untuk masuk ke dialog, bahkan dengan orang-orang yang berseberangan dengan Anda, Anda akan mendapatkan percakapan yang lebih jujur dan produktif.8. Penghormatan
Orang akan lebih terbuka untuk berkomunikasi dengan Anda jika Anda menunjukkan penghargaan untuk mereka dan ide-ide yang mereka sampaikan. Tindakan sederhana seperti menggunakan nama seseorang, membuat kontak mata, dan secara aktif mendengarkan ketika seseorang berbicara akan membuat seseorang merasa dihargai. Di telepon, hindari gangguan dan tetap fokus pada percakapan.Sampaikan hormat melalui email dengan sedikit mengedit pesan Anda agar terbaca lebih ramah. Jika Anda mengirim e-mail yang ditulisa dengan sembarangan dan membingungkan, penerima akan berpikir Anda tidak menghormati dia cukup dengan melihat cara anda berkomunikasi dengannya.
Baca juga:
- Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual
- Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi
- Tips Cara Lancar Bicara di Depan Publik
9. Masukan
Mampu secara tepat memberi dan menerima umpan balik adalah keterampilan komunikasi yang penting. Manajer dan supervisor harus terus mencari cara untuk memberikan karyawan mereka umpan balik yang konstruktif, baik melalui email, telepon, atau update status mingguan. Memberikan umpan balik dapat dilakukan dengan memberikan pujian - mengatakan sesuatu yang sederhana seperti "good job" untuk seorang karyawan dapat meningkatkan motivasi.Demikian pula, Anda harus bisa menerima, dan bahkan mendorong, umpan balik dari orang lain. Mendengarkan umpan balik yang Anda berikan, mengajukan pertanyaan klarifikasi jika Anda tidak yakin dengan suatu masalah, dan membuat upaya untuk menerapkan umpan balik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar